Sabtu, 18 Juni 2011

OPEN SOURSE



kali ini saya akan menjelaskan mengenai open sourse, yang saya ambil dari bahan presentasi teman saya yang bernama sheila nabila. Saya akan menjelaskan apa itu open sourse menurut penjelasan materi yang dimiliki oleh sheila, berikut ini penjelasannya:
 1. pendahuluan
Software open source baru-baru ini mendapat perhatian pers sebagai hal yang benar-benar baru yang 'tiba-tiba muncul'.industri teknologi informasi dan dalam masyarakat pada umumnya akan sangat besar,layanan Komisi Eropa mempromosikan teknologi informasi sebagai pembentukan sebuah kelompok kerja pada perangkat lunak gratis.
2. Defenisi
Open Source adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet).
3. sejarah
Selama tahun 1990-an, banyak proyek open source telah menghasilkan kuantitas yang baik yang berguna (dan biasanya berkualitas tinggi)perangkat lunak. Beberapa dari mereka yang dipilih tanpa alasan khusus dalam pikiran) dalah Apache (banyak digunakan sebagai server WWW), Perl (sebuahdiinterpretasikan bahasa dengan banyak perpustakaan), XFree86 (implementasi X11 paling banyak digunakan untuk mesin berbasis PC),GNOME dan KDE (baik menyediakan satu set konsisten perpustakaan dan aplikasi untuk menyajikan pengguna biasa dengan mudahpenggunaan dan lingkungan desktop ramah), Mozilla (proyek perangkat lunak bebas yang didanai oleh Netscape untuk membangun aWWWbrowser),dll Dari semua proyek-proyek ini, GNOME dan KDE sangat penting, karena mereka alamat kegunaan oleh non-teknis
4. model-model pembangunan yang di dalamnya terdapat keuntungan dan kerugian
keuntungan yang dirasakan pertama dari model open source adalah fakta bahwa perangkat lunak open source yang tersediagratis atau dengan biaya rendah,atau Bebas biaya tambahan kekurangan yaitu Kurangnya SDM yang dapat memanfaatkan open source. Tidak adanya proteksi terhadap HaKI misalnya Kebanyakan orang masih menganggap bahwa source code merupkan aset yang harus dijaga kerahasiannya. Hal ini dikaitkan dengan besarnya usaha yang sudah dikeluarkan untuk membuat produk tersebut. Karena sifatnya yang terbuka, open source dapat di-abuse oleh orang-orang untuk mencuri ide dan karya orang lain.
5. perekonomian perangkat lunak open sourse
Beberapa proyek dapat memulai sebagai alternatif dengan biaya lebih rendah untuk sistem proprietary. Dalam hal ini, perusahaan pengembang tidaktidak memiliki (setidaknya pada awalnya) rencana untuk mendapatkan penghasilan eksternal yang terkait dengan penjualan perangkat lunak.
6. dampak open source terhadap biaya kepemilikan
open source biasanya berdampak pada total biaya kepemilikan.kombinasi perangkat lunak mencoba untuk menangkap semua biaya sebenarnya dari sebuah informasi penggelaranteknologi sistem, pada semua tahap.Namun, tidak mencoba untuk mengukur keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan informasi yang diberikan teknologi, untuk parameter lainnya,
 7.  kesimpulan
dalam banyak kasus-satunya cara untuk menghindari perangkat lunak berpemilik yaitu dengan Meningkatkan kualitas hukum yang ada. Salah satu contohnya dengan mengadakan Promosi pelatihan dan pendidikan pada produk perangkat lunak bebas.
 open sourse adalah sebuah software gratisan yang di bagikan di internet secara cuma-cuma dengan tujuan agar lebih di sempurkan lagi, jadi kalau menurut saya ini adalah sebuah software yang sangat menarik dan menguntungkan, bagi kita sebagai pengguna internet. 










   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar