Senin, 25 April 2011

About Open Sourse


Disini saya akan mengulas beberapa hal yang bersangkutan mengenai open sourse, mulai dari pengertiannya, syarat-syaratnya dan beberapa hal yang mungkin berguna dan berhubungan dengan open sourse.
Nah,, saya akan mengawali nya dengan pengertian dari open sourse itu ?
 menurut berdasarkan dari apa yang telah saya pelajari dan saya baca dari beberapa Artikel-artikel dan buku, bahwa pengertian dari Open Sourse itu adalah: Software
yang membuka/membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain untuk mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada software tersebut. Dan yang menarik dan salah satu keunggulannya adalah bahwa Open source software dapat diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensi. Dengan kata lain disini si Open sourse itu sendiri memberikan secara Cuma-Cuma !!
 bisa bayangin donk, betapa baiknya si Open Sourse itu, karena di jaman sekarang yang gratisan sulit dicari !
Selain itu, software ini juga dapat dengan mudah di dapatkan melalui Internet dan salah satu keunggulan dari Open Sourse software itu adalah “ Linux “.
Menurut artikel yang saya baca, bahwa awalnya Open Sourse Software ini diambil dari internet dan diperbaiki kesalahannya oleh orang-orang pengguna it dan hasil perbaikannya kemudian mereka publikasikan kembali, yang memungkinkan stiap orang dapat dapat membaca dan menggunakannya kembali dengan lebih baik lagi dari yang telah ada dari sebelumnya dan begitulah sampai seterusnya.
Saat ini sangat mudah mendapatkan Open Sourse Software dari internet, selain itu perkembangannya juga melibatkan banyak orang dari penjuru bumi atau berbagai negara yang saling berinteraksi melalui internet.
Nah,, mulai saat itu pula dan sampai sekarang banyak bermunculan macam software yang di buat berbasiskan Open sourse itu sendiri dan di publikasikan kembali di internet. Selain itu, Pola pengembangan dari open sourse ini juga melahirkan banyak Developer-developer handal dari berbagai penjuru dunia yang membuat dan mengeluarkan apa itu free software. Jadi melalui Open sourse stiap orang dapat mengembangkan software nya dan mempublikasikannya dengan bebas melalui internet. Nah,, oleh sebab itu lah kita dapat menggunakan free software atau software gratis tanpa harus membayar, terutama dalam proses download.
Disini para developer-developer juga mau menegaskan pada kita bahwa yang namanya gratisan itu ga selamanya buruk dan program ini juga bukan program yang kacangan yang dapat dianggap atau dipandang dengan sebelah mata.
Namun kita perlu ingat, bahwa open source itu berbeda dengan free lisence, program atau software open source mempublish seluruh coding agar bisa dikembangkan lagi menjadi program yang lebih baik dan menghilangkan bug yang masih ada, namun program free lisence hanya menggratiskan programnya untuk dipakai semua orang tanpa mempublish coding sehingga tidak dapat diubah lagi oleh orang lain. Menurut dari ratikel yang saya baca, bahwa program nya open sourse itu harus memenuhi beberapa syarat-syarat untuk memenuhi beberapa kategori berikut:
1. Distribusi Ulang Gratis
Lisensi distribusi tidak melarang pihak manapun untuk menjual atau memberikan software sebagai bagian dari distribusi software terpadu yang memuat program-program dari beberapa sumber yang berbeda. Lisensi seharusnya tidak mensyaratkan royalti atau biaya lain untuk hal tersebut.
2. Kode Sumber
Program harus menyertakan kode sumber, dan harus mengizinkan distribusi kode sumber sebagaimana distribusi bentuk terkompilasinya. Jika sebuah produk tidak didistribusikan dengan kode sumbernya, harus ada sarana yang terpublikasi baik untuk mendapatkan kode sumber dengan mudah.
Kode sumber harus dalam bentuk yang memudahkan programmer untuk memodifikasi program tersebut. Bentuk intermediet, seperti output preprosesor atau translator tidak diperbolehkan.
3. Kerja Turunan
Lisensi harus mengizinkan modifikasi dan penerusan hasil kerja oleh orang lain, serta harus mengizinkannya untuk didistribusikan di bawah lisensi yang sama dengan software aslinya.
4. Integritas Penulis Kode Sumber
Lisensi dapat melarang kode sumber untuk didistribusikan ulang dalam bentuk termodifikasi hanya jika lisensi mengizinkan distribusi file-file tambahan beserta kode sumber untuk tujuan memodifikasi progran pada masa pembangunan. Lisensi harus secara eksplisit mengizinkan distribusi software yang dibangun dari modifikasi kode sumber. Lisensi mungkin mensyaratkan hasil kerja turunan untuk menggunakan nama atau versi yang berbeda dari software aslinya.
5. Tak Ada Diskriminasi terhadap Pribadi atau Golongan
Lisensi tidak boleh mendiskriminasi pribadi atau golongan manapun.
6. Tak Ada Diskriminasi terhadap Bidang atau Usaha Tertentu
Lisensi tidak boleh melarang siapapun untuk memanfaatkan program dalam bidang atau usaha tertentu. Misalnya, tidak boleh melarang program untuk digunakan di bidang bisnis, atau digunakan dalam riset genetika.
7. Distribusi Lisensi
Hak-hak yang dimiliki oleh program harus dapat diaplikasikan oleh semua orang yang menerima distribusi program tersebut, tanpa perlu penambahan lisensi oleh pihak-pihak yang bersangkutan.
8. Lisensi Tidak Spesifik untuk Satu Produk
Hak-hak yang dimiliki program bukan karena program tersebut menjadi bagian distribusi software tertentu. Jika program tersebut dipisahkan dari distribusi tersebut dan digunakan atau didistribusikan di bawah lisensi program, semua pihak yang menerima distribusi tersebut mempunyai hak yang sama sebagaimana hak yang dipunyai oleh distribusi software asal.
9. Lisensi Tidak Membatasi Software Lain
Lisensi tidak boleh melakukan pembatasan terhadap software lain yang didistribusikan bersama dengan software yang diberi lisensi. Misanya, lisensi tidak boleh memaksa agar semua program lain yang didistribusikan melalui medium yang sama harus merupakan open source software.
10. Lisensi Harus Netral terhadap Teknologi
Tidak ada syarat lisensi yang merupakan predikat dari suatu teknologi atau
gaya antarmuka tertentu.
Terus open sourse itu sendiri juga memiliki beberapa keuntungan dan kerugiannya juga :
 
Keuntungannya adalah :
kaulitasnya terjamin, aman ( karena dapat di evaluasi dari siapapun), perkembangan nya terus dan ga besifat staknan ( karena stiap developer terus memperbaiki nya ), hemat biaya ( karena di lihat dari sisi gratis nya software tersebut )
Nah, ada pun kelemahannya antara lain:
Tidak ada pihak yang dapat bertanggung jawab ( di karenakan tidak adanya pihk yang dapat bertanggung jawab ), dan hasilnya terkadang belum teruji ( namun kalau yang seperti ini jarang di jumpai )
 
Dan itulah tadi beberapa ulasan saya mengenai Open sourse, setelah kita baca sekarang kita dapat tahu dan mengerti lebih benyak sekarang mnengenai open sourse itu sendiri, dan kelebihannya juga lebih banyak dari kelemahan yang dia punya. Selain murah, open sourse juga dapat di dapat dengan mudah. Kita bisa bayangin berapa banyak uang yang dihemat oleh suatu perusahaan apabila menggunakan open sourse itu sendir di karenakan harganya yang sangat murah dan proses aksesnya pun ga berbelit-belit. Now, you can try this Software and feel this program !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar