Minggu, 17 April 2011

metamorfosis Internet Explorer



Waktu itu saya pernah baca sebuah artikel mengenai perkembangan teknologi terkini, dan saya tertarik dengan 1 artikel mengenai “ peluncuran internet explorer baru yang ke 8”.
jujur saya tertarik untuk membacanya, karena sebagai pengguna internet nih, saya ingin tahu aja bagaimana dan seperti apa sih internet explore 8 ini dan apa sih kelebihan-kelebihannya di banding pesaing-pesaingnya seperti mozila firefox, opera, fedora, geogle chrome, dan lain-lain. Dari artikel yang saya baca, internet explorer ini merupakan final versionnya yang di luncurkan oleh perusahaan microsoft sendiri, yang katanya telah resmi diluncurkan ke publik pada tanggal 18/3/2011 yang lalu.
Hal yang menarik dari artikel ini menurut saya yaitu; ketika mereka mengklaim bahwa internet explorer 8 ini adalah browser tercepat dan teraman yang pernah mereka ciptakan atau dari perusahaan microsoft itu sendiri. Dengan menambahkan ‘Domain Highlighting’ yang secara otomatis akan menyorot nama top level domain halaman situs yang kita akses dan SmartScreen Filter juga akan mendukung keamanan user dengan cara memberikan peringatan otomatis pada saat user mengakses halaman-halaman situs yang dianggap berbahaya oleh perusahaan Microsoft itu sendiri dan juga menambahkan aspek kecepatan browsingnya tentunya.
Selain itu sih mereka menambahkan ada 3 feature keunggulan yang mereka ciptakan pada browsernya kali ini, antara lain; Webslices, Accelerator, dan Visual Search.
Dimana Webslices ini berfungsi sebagai bisa dibilang sebuah fasilitator dalam mencari sebuah website bagi siuser itu sendiri, ya hampir bisa dibilang sama dengan feature-feature yang ada pada browser-browser yang lainnya juga sih.
Lalu ada yang namanya Accelerator, nah kalau yang ini nih menurut mereka nanti bakal berfungsi untuk mempermudah si user dalam menemukan berbagai opsi definisi mengenai sebuah kata, karena kita dapat memilih sebuah alternatif-alternatif dalam pemilihan suatu kata, antara lain ‘Blog with Windows Live’, ‘Email with Windows Live’, ‘Map with Live Search’, ‘Search with Google’ hingga ‘Translate with Live Search’, tetapi sih menurut saya ya lagi-lagi ini hampir sama dengan yang sudah ada-ada sih.
Dan yang terakhir adalah Visual Search, kalau yang ini katanya bakal berfungsi sebagai pencarian bergambar, yang diharapkan akan lebih memperkaya hasil pencarian yang diberikan sehingga dapat lebih memuaskan si user itu nantinya. Dan mereka juga mengatakan bahwa manusia ga bakal jauh-jauh dari yang namanya efek visualisasi, oleh karena itu feature ini pasti akan sangat membantu.
Nah itulah metamorfosis dari internet explorer, yang menjadi internet explorer 8 yang lebih di sempurnakan kembali oleh microsoft dan mereka optimis bahwa browser ini bakal dengan cepat di terima oleh masyarakat, tapi sih kalau saya pribadi melihat ini kayaknya ga terlalu banyak perbedaan-perbedaan yang amat berarti dari apa yang telah ada sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar