Senin, 04 April 2011

Ingin Tekanan Darah Turun? Menyanyilah..

ADA metode baru dalam menurunkan tekanan darah seorang pasien sebelum ia menjalani operasi yakni dengan menyanyi. Para dokter meyakini hal itu setelah menemukan bahwa menyanyi mampu menurunkan tekanan darah seorang pasien perempuan berusia 76 tahun yang mengalami hipertensi preoperative parah sebelum operasi penggantian lutut total untuk osteoartritis (OA).

Meski pasien tidak responsif terhadap intervensi farmakologis agresif, tekanan darahnya mampu menurun drastis ketika ia menyanyikan beberapa lagu. "Ini merupakan terapi tradisional untuk penderita hipertensi preoperative," kata dokter. Ia menjelaskan terapi berbasis obat ini melibatkan diuretic, pemblokir beta, pemblokir saluran kalsium, dan angiotensin-converting enzyme (ACE).

Obat-obatan ini digunakan untuk menurunkan tekanan darah supaya pasien bisa menjalani operasi, tetapi sayangnya tak semua pasien merespons pengobatan ini. Pada pasien yang tidak responsif terhadap terapi standar, intervensi alternatif hipertensi diperlukan.

"Beberapa studi menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat efektif dalam mengurangi tekanan darah dan menenangkan atau mengalihkan perhatian pasien sebelum operasi. Unutk itu, stres dan kecemasan pun berkurang," jelas Nina Niu, peneliti dari Harvard Medical School di Boston.

"Hasil studi ini memperluas bukti medis dengan menunjukkan bahwa musik dan menyanyi memiliki efek terapi yang potensial dalam menjalani operasi."
 selamat mencoba !!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar